Degan Bakar Tugu Kuning, Minuman Berkhasiat Obat yang Banyak Dicari

Degan Bakar adalah kelapa muda yang kulitnya sedikit dikupas lalu dibakar di dalam tungku menggunakan arang, kemudian disajikan dengan dicampur beberapa jenis rempah-rempah, ada Jahe, sirih, jeruk bumbu, madu atau telur, bisa juga dicampur degan susu.

Diminum selagi panas dengan sendok diseruput perlahan-lahan. Rata-rata orang yang meminum degan bakar ini langsung keluar keringat. Untuk mengobati masuk angin dan kepala pusing langsung cespleng.

Bagi yang staminanya lagi turun atau badan terasa meriang silahkan deh minta resep ke penyajinya. Nanti dibuatkan secara khusus degan bakar penguat stamina. Bisa juga lihat menu yang terpampang di dinding warung pinggiran jalan ini. Sueegger tenan rek.. hehe.

Penasaran dan minat ingin mencoba minuman berkhasiat obat ini? Silahkan berkunjung ke Warung Degan Bakar di Pojokan Tugu Kuning Unit 2 Tulang Bawang. Tidak susah kok mencarinya. Kalau kamu sudah dideket POM Bensin Unit 2 Banjar Agung, langsung masuk ke jalan yang menuju Tugu Kuning.

Setelah kamu sampai di Tugu Kuning, artinya kamu sudah tepat di depan lokasi warung yang kamu cari, posisinya pas disebelah Indomaret. Biasanya buka tiap hari disore sampai malam, tergantung stok kelapa muda yang tersedia. Karena peminatnya cukup tinggi terkadang belum sampai jam 8 malam stok degan bakarnya sudah habis.

Oleh karena itu kalau kamu sudah sampai, segera saja panggil petugasnya dan sampaikan apa yang kamu mau..cie.

Di bagian halaman depan terdapat kursi dan meja berderet-deret tempat pelanggan menanti pesanan sambil melihat suasana Tugu Kuning. Kamu juga bisa memesan menu makan malam juga lho di warung ini, karena disini juga disediakan bermacam-macam menu makanan yang siap memenuhi perut yang lagi kelaperan.

Terkadang juga disuguhkan segelas minuman spesial berwarna ungu dari yang punya warung jika kamu beruntung. Gratis. Kalau harga degannya hanya 20K aja.

Waktu menunggu degan masak dibakar kurang lebih 10 sampai 15 menit. Nah, untuk yang pertamakali melihat hidangan ini, kamu jangan kaget ya, karena yang bakal terhidang di atas piringmu adalah sebongkah batu bulat sebesar kepala dengan warna hitam legam..hehe

Maaf bukan batu, maksudnya mirip batu karena warna hitamnya. Yaitu degan hasil bakaran yang telah masak. Kamu tinggal cungkil dengan sendok bagian atasnya maka akan terbuka dan mengepulah asap tipis dengan aroma khas rempah yang wangi mengundang selera. Tinggal seruput deh, tapi eit.. Hati-hati masih panas.

Diantara khasiat degan bakar yaitu bisa meringankan penyakit asam lambung, kolesterol, asam urat, capek-capek, batu ginjal, batu empedu, dan menguatkan stamina.

Oh iya, untuk degan bakar ini kelapa yang digunakan adalah khusus kelapa muda hijau lho..kelapa ijo. Tentu taukan banyak orang yang bilang bahwa kelapa hijau banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Sampai disini ulasan dari kami tentang Degan Bakar Tugu Kuning, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *