Pelatih Pramuka Berkebun Sayuran di Tulang Bawang

Namanya Irfangi, sebagai seorang pelatih Pramuka, ia sering dipanggil Kak Ir, profesinya sebagai pelatih tak membuatnya bersantai dan berleha-leha saat tak ada jadwal latihan. Ia mengisi waktunya dengan berkebun sayuran.

Pria hitam manis ini memang lulusan perguruan tinggi jurusan pertanian sehingga ilmunya selalu dipraktekkan yakni dengan menanam sayuran.

Selain hobi, menanam sayuran merupakan pekerjaan sampingan bagi Kak Ir. Dari pekarangan seluas 0,25 ha disamping rumahnya ia telah banyak mendapatkan keuntungan.

Diantara tanaman yang tumbuh baik dalam perawatannya adalah Tomat, Caisim, Pare dan Bawang Daun. Tampak berderet-deret beberapa gulud tanaman tomat telah berbunga dan siap menghasilkan buah.

Dengan kecermatan dan ketelatenannya tanaman tomat itu tumbuh subur diantara patok-patok bilah bambu sebagai penyangga batang dan tangkainya.

Setiap harinya semua tanaman ini mendapat perhatian yang sangat spesial dari tangan dingin Kak Ir, bagian tanahnya dibungkus plastik mulsa untuk mengurangi terjadinya penguapan dan meminimalisir tumbuhnya rumput.

Setiap pagi dan sore disirami dengan air yang cukup, bahkan dibuatkan saluran pipa air dibawah plastik mulsa untuk memudahkan penyiraman dan memastikan tanah mendapatkan siraman yang cukup.

Apabila pada daun tanaman ditemukan indikasi adanya ulat daun atau hama lainnya, maka kak Ir langsung bertindak menanganinya dengan memberikan obat atau menyeprotnya.

Nampaknya kehidupan tumbuhan telah menyatu dengan kehidupan kak Ir. Jiwanya yang ditempa untuk peduli dengan sesama juga dirasakan oleh tanaman-tanamannya. Sehingga tampak di kebun itu sayuran yang tumbuh sehat dan terawat.

Yang akhirnya menghasilkan kualitas sayuran yang berkualitas, segar dan berbuah maksimal. Selain didukung oleh ketersediaan air yang cukup, meskipun musim kemarau, sayuran Kak Ir memang mendapatkan pupuk organik yang cukup.

Aktivitas yang telah ditekuni selama 2 tahun terakhir ini memang benar-benar telah memberikan pemasukan baru bagi perekonomian kak Ir. Dibantu oleh istrinya yang setia, Kak Ir telah banyak menjual hasil panen kebun sayurannya.

Menurutnya penghasilan sampingan dari menanam sayuran ini bahkan bisa melebihi gaji pokoknya saat mendidik anak-anak. Oleh karena itu Kak Ir berencana memperluas lahan perkebunan sayurnya beberapa lajur lagi. Meskipun harus menyewa namun dalam perhitungannya masih akan mendapatkan keuntungan.

Lokasi kebun sayur kak Ir di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya kompleks Al Iman, Kecamatan Banjar Agung, Tulang Bawang. Semoga sukses untuk Kak Ir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *